About My Jobs

Hari ini aku sedang ingin menulis. Berbagi di blogku. Hal yang sudah lama tidak aku lakukan. Karena kesibukan,, hehe (Ups! Karena sibuk atau malas ya.. :D). Sore ini aku ingin bercerita tentang pekerjaanku.

Segala sesuatu memang harus dimulai dari bawah, supaya kita bisa naik ke tempat yang tinggi (Nasehat dari Bapak Mario Teguh). Pekerjaan pertamaku dimulai ketika aku duduk di bangku kuliah S1-Perpustakaan. Waktu itu awal semester 2, setelah masa registrasi. Aku mendapat tawaran pekerjaan ini dari temanku, namanya Afzan. Dia adik kelasku di D3 Perpustakaan, tapi menjadi kakak tingkatku setelah aku masuk S1. Aku angkatan 2006, dia angkatan 2005. Aku kenal dia pada suatu event, Seminar Nasional. Kebetulan aku dan Afzan menjadi panitia dalam event itu. Event ini kalo ga salah pada bulan Januari. Trus pertengahan Februari 2007, dia menawariku menjadi laboran di Fakultasku. Perjanjian awal, nantinya dapat upah 200rb per bulan. Okey! Aku menyanggupinya.

Pekerjaan pertamaku, menjadi laboran di Laboratorium Komputer Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga. Anda tahu, apa bekal saya masuk ke Labkom itu? Orang lain mungkin akan mempersiapkan diri dengan menguasai banyak hal tentang komputer untuk menjadi laboran, namun itu hal yang berbeda buatku. Modalku: aku suka tentang komputer, bisa ngetik di Microsoft Word 2003, dan Nekat.

Awal aku masuk kerja sekitar akhir bulan Februari 2007. Sebenarnya disini bukan kerja, lebih tepatnya magang. Labkom ini digunakan untuk praktikum mahasiswa D3 dan S1 Perpustakaan, yang tentunya menggunakan jadwal praktikum supaya lebih teratur. Jika tidak ada praktikum, lab ini terasa sepi karena disana cuma ada Aku dan Afzan, sebagai laborannya. Tidak lama setelah itu, Labkom dibuka untuk rental pengetikan bagi mahasiswa Fakultas Adab. Aku yang alhamdulillah bisa ngetik "cepat" walau masih 11 jari di Microsoft Word, membuka jasa pengetikan.. Alhasil, lumayanlah banyak uang yang masuk ke kas.. :D tapi uangnya tidak masuk ke kantong lho, tapi masuk ke kas Lab. Itung-itungannya setelah akhir bulan.. :D
Honor pertamaku 50rb. (Lho? bukannya 200rb?). Iya, perjanjian awalnya memang segitu, tapi ternyata kenyataannya lain. Tapi.. tahukah kamu perasaanku waktu itu? Aku senanggg sekali, Alhamdulillah.. itu pertama kalinya aku memperoleh uang dari hasil keringatku. Aku sadar, kemampuanku belum seberapa, mungkin baru segitu yang pantas aku terima.

Next, aku mulai belajar tentang apa yang di dalam CPU. Komponen apa saja di dalamya, Bagaimana merakitnya, dan sebagainya. Dik Afzan, aku memanggilnya, banyak mengajariku tentang hal itu. Selain dik Afzan, ada seseorang yang juga banyak mengajariku tentang komputer. Hampir setiap hari dia datang ke labkom untuk menemuiku,, hehe. Hingga tulisan ini dimuat, seseorang itu sekarang adalah CSku (Calon Suamiku, :D ). Dia adalah Mas Luhur. Mas Luhur tidak hanya mengajariku tentang komputer, tetapi juga mengajariku tentang kehidupan. I Love Him.. (Cie,, cie,, :D )

Lambat laun, LabKom yang semula menjadi ruang praktikum dan rental ketik, kini dengan adanya tambahan internet, LabKom berkembang menjadi warnet dan kantin. Dik Afzan tidak lagi menjadi laboran, tapi berubah menjadi pustakawan. Ya, dia dipindahkan ke ruang sebelah (Perpustakaan Fakultas), namun juga masih bertanggung jawab di LabKom. Kemudian aku ditemani oleh Luthfi, salah seorang teman Afzan hanya beda kelas. Luthfi gadis yang manis, pintar, dan baik hati. Kami tidak lama bekerja dalam satu atap. Setelah lulus D3, dia langsung kembali ke Pati, kota kelahirannya, dan menjadi pustakawan di sana.

Tak lama setelah itu, karena aku hanya sendiri menjaga berpuluh-puluh komputer, karena merasa kasihan, Dik Afzan mencarikan teman untukku. Dan,, Mas Luhur yang menemaniku menjaga LabKomp sampai kami memutuskan untuk berhenti dari profesi itu :D . Dan.. pada akhir Agustus 2009, kami memutuskan untuk berhenti. Kami mau fokus pada skripsi.

Bulan Oktober 2009 aku mulai mengajukan proposal judul. Alhamdulillah,, lancar.. Bab I sedang dalam proses pengerjaan sampai akhir Desember 2009. Aku vakum dari pengerjaan skripsiku karena aku merasa sudah mentok dalam mengerjakan itu. No Idea. Then, aku melamar menjadi penjaga warnet di Buzznet, daerah Glagah Sari Jogja. Aku bekerja di sana dua kali kontrak. 1 kali kontraknya selama 6 bulan. 7 Januari 2010 aku mulai kerja sebagai penjaga warnet. Pengerjaan skripsiku agak macet, karena selain aku kerja di warnet, blm ada ide diotakku untuk melanjutkan pengerjaan. Dan lagi, sekitar bulan April 2010 ada tawaran kerja menjadi Task Force Webometrics. Aku juga ikut,, hehe.. Semakin keteteranlah skripsiku waktu itu,, ahihihi..
Alhamdulillah,, atas ijin Allah, tiga amanahku dalam setahun bisa terselesaikan dengan baik.
Akhir Desember 2010, webometrics selesai, kontrakku di Buzznet selesai, dan aku bisa wisuda.. Alhamdulillah.. :D

Awal Januari 2011, persiapan ke Pacitan. Alhamdulillah,, aku diterima sebagai pustakawan di Perpustakaan STKIP PGRI Pacitan. Aku menandatangani kontrak selama 1 tahun, dengan masa percobaan 2 bulan. Hingga postingan ini terbit, berarti aku hampir 11 bulan merantau di Pacitan.
Good Luck ! Be The Best n Do The Best, Dhita! Bismillah.. Lanjutkan! :D

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waktu

Komputer